8.8.08

Tujuan Iklan

Membuka kesadaran pemerintah, produsen dan distributor (termasuk toko & Supermarket), dan Masyarakat umum akan bahaya plastik dan mendorong semua pihak untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

Kepada pemerintah, kita harap bisa mengikuti jejak beberapa negara lain untuk menerbitkan peraturan untuk mengurangi peredaran kantong plastik, serta meningkatkan produksi kantong plastik ramah lingkungan (Bio-degradable Plastic Bag). Plastik ramah lingkungan ini terbuat dari tepung singkong (maizena) dan dapat terurai 6 bulan hingga 5 tahun (bandingkan dengan waktu yang butuhkan untuk mengurangi plastik jenis polimer sintetik).

Baru-baru ini Los Angeles juga mengeluarkan peraturan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik dengan merilis kantong plastik ramah lingkungan dan kantong kertas. LA juga menganjurkan masyarakatnya untuk selalu membawa tas sendiri saat belanja. Di Singapura, bahkan diterapkan denda 3 sen jika ada masyarakat yang tidak membawa tas sendiri saat belanja.

Kepada toko atau supermarket (distribution channel/ritel store), diharapkan bisa turut menyediakan kantong plastik ramah lingkungan dan mendorong pelanggannya untuk membawa kembali kantong tersebut setiap kali belanja, misalnya dengan memberikan diskon khusus bagi yang membawa tas sendiri dari rumah.

Produsen plastik didorong untuk meningkatkan jumlah produksi kantong plastik ramah lingkungan supaya harganya bisa menjadi lebih murah.

Masyarakat umum juga perlu diarahkan untuk senantiasa membawa tas sendiri setiap belanja. Atau mendorong masyarkat untuk berani menolak kantong plastik. Barangkali kepada mereka bisa disampaikan pesan selamatkan bumi dengan membawa tas sendiri setiap berbelanja.

7 komentar:

angel go travel mengatakan...

Bagus skali ide lomba ini. Memang banyak supermarket/toko di luar negeri yang tidak lagi memberikan kantong plastik gratis, konsumen harus bayar. Mereka bahkan menjual tas yg bisa terus dipakai belanja lagi. Tapi yg sulit adalah komunikasi ke penjual di kalangan pasar tradisional dan gerobak, yg masih kasih kantong kresek hitam.
tapi....engurangi plastik, bukan berarti terus diganti dgn kantong kertas lhooo! Itu sama aja membahayakan lingkungan hidup juga...

Gagas mengatakan...

A million of thanks for your support.
Kami juga setuju, bahwa mengurangi kantong plastik bukan kemudian menggantikannya dengan kantong kertas.
Tapi, salah satu pilihan terbaik untuk saat ini adalah kantong kertas karena mudah diproduksi dan yang penting, mudah di-recylce (baca: lebih ramah lingkungan).
Persoalanya adalah justru ada pada raw materialnya, which is orang Indonesia 'sukalupa' menanam-ulang pohon yang sudah ditebang!

herry mengatakan...

Hai Gagas Awards,
Saya tertarik mengikuti lomba ini, berhubung saya sbg pemula, dimanakah saya bisa mendapatkan contoh iklan masyarakat yang pernah dipublikasikan oleh bisnis indonesia agar saya bisa lebih detail mendapatkan gambarannya, terimakasih

Anonim mengatakan...

kurangi penggunaan kantong plastik.SEKARANG !
sangat setuju sekali, "lha aku paling sengit je ne tuku jajanan/gorengan dikei wadah kantong plastik ireng, wis ambune plastike ra enak(pecing), gorengane njur terkontaminasi plastik ireng kuwi. wis..jan kantong plastik ireng kwi kudu dibrantas, dilangi wae soko donyo iki.bebrayani!
translit ke bhs indonesia):
kurangi penggunaan kantong plastik.SEKARANG ! sangat setuju sekali, " saya paling benci sekali kalau beli makanan/gorengandikasih kantong plastik warna hitam, udah baunya ga enak (bacin), gorengannya jadi terkontaminasi plastik hitam tadi. dah... pokoknya plastik hitam harus diberantas dimusnahkan dimuka bumi ini.berbahaya!

Yoelius mengatakan...

Kami, Bohlam Advertising dari Univ. Atma Jaya Yogyakarta akan mengirimkan karya pada Sabtu, 15 November 2008 sebanyak kurang lebih 25 karya. Kami meminta maaf jika pengiriman tepat pada tanggal deadline (15 nov cap pos), di karenakan karya baru terkumpul pada 14 november 2008. Kami berterima kasih atas perhatiannya, harap maklum.

Anonim mengatakan...

Halo Gagas, Kapan dong pengumuman pemenangnya di publis, kita-kita dah gak sabar neh....

Thanks

RH

Anonim mengatakan...

BENARKAH TEPUNG SINGKONG ITU SAMA DENGAN MAIZENA ?